Mengenal Jenis Genteng untuk Rumah

Tanpa genteng rumah berkualitas tidak akan berfungsi dengan baik selayaknya hunian yang nyaman untuk ditinggali. Oleh karena itu memiliki jenis genteng untuk rumah perlu dipertimbangkan secara matang.

Setidaknya pelajari karakteristik dan kelebihan jenis genteng rumah di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Jenis Genteng untuk Rumah

Bingung pilih jenis genteng rumah yang berkualitas dan tentunya cocok dengan ruang lingkup rumah? Yuk coba kenali karakteristik ke-5 jenis genteng berikut ini:

Genteng Tanah Liat

Genteng Tanah liat merupakan bahan Jenis genteng untuk rumah yang paling banyak digunakan oleh berbagai jenis perumahan, mulai dari perkomplekan hingga rumah-rumah kecil di desa.

Seperti namanya ini, genteng tanah liat memang dibuat dengan menggunakan tanah liat yang diproses secara tradisional. Memiliki bentuk dan warna yang sangat khas, tetapi kini genteng tanah liat sudah di inovasi dengan desainnya yang lebih modern.

 

Salah satu keunggulan dari genteng tanah liat ini ialah harganya yang relatif terjangkau dan murah. Dengan demikian tak heran hingga saat ini genteng tanah liat masih banyak diminati. Soal harga memang murah, tapi kualitasnya tidak murahan dan sangat bisa diandalkan.

Sebab sejak dari dulu, genteng tanah liat ini memiliki daya tahan yang sangat awet, di mana bisa bertahan hingga ratusan tahun, memiliki kekuatan dan ketangguhan yang mantap, bobot yang tidak terlalu berat dan tentunya tahan akan api.

Namun sayangnya, pemasangannya ini mempengaruhi kecantikan dan fungsi genteng, sebab jika salah memasang bisa membuat genteng menjadi mudah bocor dan warnanya ikut memudar. Jadi, sebaiknya pilihlah tukang yang benar-benar ahli dan berpengalaman.

Genteng Beton Flat

Pemilihan jenis genteng untuk rumah selanjutnya ada Genteng Beton Flat, sama-sama diklaim memiliki ketahanan dan ketangguhan yang diandalkan terutama akan perubahan cuaca di lingkungan.

Genteng Beton merupakan jenis genteng yang dibuat dari bahan semen, pasir dan fly ash (abu bekas pembakaran batu bara).

mengenal-macam-bahan-penutup-atap-rumah

Genteng beton diklaim memiliki kemampuan tahan hingga 50 tahun lebih, terutama jika produk genteng beton yang dipilih berkualitas dan pengaplikasian yang ideal.

Genteng beton sendiri memiliki banyak variasi dan model, salah satunya genteng beton flat. Seperti namanya, genteng beton flat ini memiliki bentuk lembaran yang lurus tidak bergelombang, dengan demikian mudah diaplikasikan terutama untuk bangunan rangka minimalis.

Salah satu keunggulan yang menarik dari genteng beton ialah ketahanan dari panas api dan juga tidak mudah bocor.

Adapun keunggulan yang ditawarkan oleh genteng beton flat ini dirangkum pada poin-poin berikut:

  • Genteng yang tahan akan cuaca dan juga serangga
  • Genteng yang bersifat ramah lingkungan
  • Diklaim juga hemat energi, sebab:
  • Memiliki perawatan yang minim
  • Tersedia berbagai pilihan model dan desain

Dengan sejumlah keunggulan tersebut, Anda bisa mempertimbangkannya sebagai pilihan terbaik untuk atap rumah.

Genteng Glasur

Genteng glazur atau glasur salah satu jenis genteng untuk rumah yang memiliki karakter menarik. Memiliki desain yang unik dimana warnanya coklat yang sangat bervariasi mulai dari cokelat kemerahan, coklat muda dan coklat tua.

Pada dasarnya genteng glazur ini sama dengan genteng tradisional (genteng tanah liat), sama-sama terbuat dari material dasar tanah liat, bedanya genteng glazur dibuat dari keramik.  Dibuat dengan proses penyortiran tanah liat kemudian dicetak menggunakan teknologi yang lebih modern.

jenis-genteng-rumah-glasur

Hasil desain genteng glazur pun mampu memberikan kesan mewah yang menarik, hal ini karena pada tahap pembuatan gentengnya dilapisi dengan lapisan glazur.

Selain memberikan nilai estetika, lapisan glazur juga berfungsi untuk meningkatkan kekuatan mekanik, ketahanan kimia genteng serta agar genteng tersebut kedap air.

Adapun kelebihan yang ditawarkan oleh genteng glazur ini antaranya:

  • Memiliki keawetan dan ketahanan yang baik di segala cuaca
  • Tidak membutuhkan perawatan khusus
  • Tidak mudah bocor
  • Memberikan kesejukan pada hunian, sebab genteng glazur tidak menyerap panas
  • Memberikan nilai estetika atau keindahan pada hunian rumah

Sayangnya dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh genteng glazur ini, Anda perlu merogoh harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan produknya itu.

Genteng Galvalum

Jenis genteng untuk rumah yang kian populer dari masa ke masa ialah genteng Galvalum. Hal ini karena genteng galvalum menawarkan sejumlah keuntungan bagi penghuni rumah tersebut. Sebagian orang lumrah menganggap genteng galvalum ini sama dengan atap genteng seng.

Padahal kenyataannya, genteng galvalum bukanlah atap seng biasa, karena selain dilapisi dengan seng, Galvalum juga menggunakan pelapis lainnya seperti alumunium 55%, silicon 1,5% dan sisanya baru lapisan seng 43,5%.

genteng-galvalum-metal-pasir

Itulah sebabnya, genteng galvalum memiliki karakter yang berbeda dari atap seng biasanya. Penipisan lapisan ini juga memiliki fungsi yang sangat penting untuk ketahanan gentengnya, di mana tujuan pelapisan ini dilakukan untuk melindungi baja dari proses oksidasi atau korosi.

Adapun sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh jenis genteng Galvalum ini antaranya ialah:

  • Memiliki desain dan warna yang sangat beragam mulai dari bentuknya lurus hingga melengkung serta pilihan warna yang menarik untuk berbagai jenis bangunan, sehingga galvalum diklaim lebih fleksibel
  • Cocok diaplikasikan untuk berbagai bangunan seperti garasi ataupun kanopi
  • Memiliki bobot yang ringan sehingga bangunan tidak¬† terlalu terbebani dan keawetan bangunan pun akan awet
  • Atap genteng yang awet dan tahan lama sebab memiliki ketahanan terhadap cuaca dan serangga seperti rayap
  • Memiliki nilai estetika atau keindahan yang baik
  • Harga genteng galvalum yang relatif terjangkau dan ringan di Kantong

Demikianlah sejumlah jenis genteng untuk rumah yang bisa Anda pertimbangkan, pilihlah jenis genteng yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

Leave a Comment